Jahe adalah salah satu jenis rempah-rempah yang kaya akan manfaat dan bisa mengurangi berbagai macam keluhan kesehatan.  Namun, tahukan kalian?? Dibalik manfaat nya, ada efek samping yang berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan, apalagi tiap hari. 

Oleh karena itu, perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan jangan sampai berlebihan.  Berikut ini beberapa alasan mengapa jahe tidak baik dikonsumsi setiap hari: 

  • Sakit Perut

Jahe bermanfaat bagi pencernaan, karena merangsang sekresi empedu. Akan tetapi, jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong, dapat mengakibatkan gangguan pencernaan dan sakit perut. Jahe mengandung gingerol yang bisa mengiritasi lambung jika di konsumsi secara berlebihan. Efeknya hampir sama dengan ketika kita terlalu banyak makan cabai.

nota penjualan

  • Memicu Pendarahan

Jahe memiliki sifat anti-platelet (pengencer darah) yang dapat meningkatkan risiko pendarahan, bagi orang yang memiliki kondisi kelainan darah atau mengonsumsi obat yang memperlambat pembekuan darah. Jadi, buat yang memiliki kelainan pembekuan darah, misalnya hemophilia, sebelum mengonsumsi jahe sebaiknya konsultasi dengan dokter dulu. 

  • Menyebabkan Diare

Jahe bisa mengakibatkan diare jika dikonsumsi secara berlebihan. Bahan aktif dalam jahe seperti gingerol dapat mempercepat proses makanan melalui usus dan bisa menyebabkan diare.

  • Menurunkan gula darah secara drastis

Bagi penderita diabetes, konsumsi jahe bisa menurunkan gula darah. Akan tetapi, jika dilakukan secara berlebihan dan tidak memperhatikan takaran, akan memicu gula darah turun secara drastis. Rendahnya kadar gula dapat menyebabkan sakit kepala, pusing hingga lemas. Apalagi, jika dikonsumsi bersamaan dengan obat diabetes dapat menimbulkan penurunan gula darah secara berlebihan.

Tuh kan efeknya banyak, kalau di konsumsi secara berlebihan dan nggak lihat takaran. Jangan sampai mau mengobati sesuatu, tapi malah bikin keluhan lain. Setelah membaca beberapa informasi diatas, sekarang jadi makin tahu dan kamu bisa lebih bijak dalam mengonsumsi jahe. Jangan lupa selalu perhatikan dan ingat-ingat sudah seberapa banyak jahe yang masuk hari ini 😊 Selama tidak berlebihan, jahe itu menyehatkan dan kaya akan manfaaat yang baik untuk tubuh kamu. 

Oiya, buat yang menjual ekstrak jahe jangan lupa berikan informasi komposisi dan efek sampingnya dalam brosur atau kemasannya. Kemudian, agar stok ekstrak jahe nya terkontrol, jangan lupa pakai nota. Nota penjualan nggak cuma sebagai bukti, tetapi juga bisa membantu mengontrol jumlah stok loh. Tertarik memakai nota juga?? Yuk buat aja di percetakannota.com. Atau bisa menghubungi kita melalui: 0813-2675-5758

Leave a reply